Jumat, 30 Maret 2012

Wasiat Untuk Bersikap Jujur


WASIAT UNTUK BERSIKAP JUJUR

                Wahai kawula muda ! kejujuran itu termasuk sifat luhur terbaik yang dimiliki manusia.
Kebalikannya adalah khianat. Khianat adalah perbuatan rendah terburuk yang bisa menghinakan manusia dan menurunkan derajatnya.
            Wahai kawula muda ! kejujuran adalah perhiasan orang berbudi dan orang berilmu serta bersama sifat ashshidq ( selalu berkata benar ) merupakan sifat – sifat para rasul ‘ alaihimush shalaatu was salaam.  
            Wahai kawula muda ! jadilah engkau seorang yang jujur dan janganlah mengkhianati seseorang mengenai kehormatannya, hartanya, rahasianya dan jabatannya.
            Apabila seorang temanmu mempercayaimu untuk menjaga hartanya, maka jaganlah mengkhianatinya dan kembalikan  harta itu kepadanya,  begitu dia memintanya.
            Bilamana dia mempercayaimu untuk menjaga rahasianya, maka janganlah mengkhianatinya dan jangan menyiarkannya kepada teman yang paling jujur dan paling engkau cintai sekalipun. Sesungguhnya engkau mempunyai  teman – teman yang tinggal bersamamu dan mereka mempunyai barang – barang yang mereka tinggalkan di tempat tinggal mereka, karena mengandalkan amanatmu.
            Maka janganlah engkau ulurkan tanganmu untuk mengambilnya, disaat mereka tidak ada di tempat dan jangan biarkan seorang pun mendekatinya ketika engkau hadir, sedangkan mereka tidak ada.
            Wahai kawula muda ! berhati – hatilah agar engkau tidak di tuduh khianat diantara teman – temanmu. Setiap kali mereka kehilangan sesuatu. Mereka menuduhmu mencurinya, meskipun engkau tidak bersalah.
            Wahai kawula muda ! jadilah engkau seorang yang jujur dalam segala sesuatu, baik mengenai sesuatu yang kecil maupun yang besar. Janganlah engkau berniat untuk berkhianat terhadap sesuatu yang besar atau remeh.
            Jangan sekali – kali membuka tas temanmu maupun wadah barang – barangnya disaat tidak ada, hanya untuk sekedar mengetahuhi isinya, karena perbuatan ini termasuk khianat.
            Janganlah engkau memata –matai teman – temanmu, karena perbuatan itu termasuk khianat.
             Dan jangan membaca surat atas nama orang lain, karena perbuatan itu termasuk khianat.
            Wahai kawula muda ! janganlah engkau bercanda dengan cara khianat. Maka janganlah mengambil sesuatu milik temanmu secara diam – diam dengan maksud bercanda untuk mengembalikannya kepadanya bila dia mencarinya. Karena hal itu menyebabkan orang lain bersangka buruk terhadapmu dan menuduhmu, padahal engkau tidak melakukannya.
            Boleh jadi sebagian orang menjadi curiga, bahwa engkau adalah seorang yang bermasalah. Adalah sulit sekali bagimu menghilangkan sangkaan ini dari hati mereka.
            Wahai kawula muda ! janganlah engkau menghianati dirimu dan janganlah menghianati  orang lain. Termasuk penghianatanmu terhadap dirimu adalah bila guru menanyaimu untuk mengujimu, lalu engkau melihat dalam kitab secara sembunyi, kemudian engkau menjawabnya seakan – seakan engkau mengetahuhi apa yang ditanyakan kepadamu.  
            Termasuk pengkhianatanmu terhadap dirimu adalah apabila engkau duduk ditempat ujian. Ketika tidak mampu menjawab, engkau melihat secara diam –diam lembaran soal temanmu, lalu mencontoh dari satu atau engkau menanyainya secara bersisik, supaya dia menjawabmu.
           
Wahai kawula muda ! ini adalah pengkhianatan dan kebodohan sekaligus bentuk kecurangan pula. Meskipun engkau tidak tahu, jaganlah kiranya engkau berkhianat maupun bersikap curang.

Wahai kawula muda ! hindarilah perbuatan seperti ini dan giatlah dalam menekuni pelajaranmu, supaya engkau belajar ilmu dan selamat dari pengkhianatan dan kecurangan.

Semoga Allah memberimu petunjuk dan membimbing mu dalam kebaikan.  
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar